KONTRIBUSI FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA SMA NEGERI 1 KARANGNONGKO KABUPATEN KLATEN
Tanggal: 15 Dec 2008
Laporan: PRANTIYA
 
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Fasilitas belajar dan motivasi berprestasi serta hasil belajar kimia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Tujuan umum penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan tentang fasilitas belajar, motivasi berprestasi, dan hasil belajar kimia pada siswa SMA Negeri 1 Karangnongko Klaten. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan seberapa besar kontribusi fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap dan hasil belajar kimia pada siswa SMA Negeri 1 Karangnongko Klaten
Populasi sebanyak 570 siswa, untuk try out sebanyak 30 siswa, dan sampel sebanyak 240 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket yaitu fasilitas belajar (X1), motivasi berprestasi (X2), dan hasil belajar kimia (Y). Uji instrumen validitas menggunakan rumus Spearman Brown dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha dari Cronbach, dan memenuhi syarat valid dan reliabel. Uji hipotesis menggunakan rumus normalitas, linieritas, Multicollinearity, regresi linier berganda, uji F, dan uji t.

Oleh :
PRANTIYA
MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2008

COVER

ABSTRAK

KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Untuk mewujudkan tercapainya keberhasilan pendidikan di sekolah, banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti bakat dan minat siswa, daya dukung orang tua, kemampuan kerja guru, fasilitas belajar mengajar, iklim kerja, dan sebagainya. Pendidikan, baik formal maupun nonformal, adalah sarana untuk pewarisan kebudayaan. setiap masyarakat mewariskan kebudayaannya kepada generasi penerus, agar tradisi kebudayaannya tetap hidup dan berkembang, melalui pendidikan. Sudah lama banyak orang mempertanyakan pendidikan kita, mengapa fasilitas belajar kurang memadai dalam pendidikan, motivasi belajar siswa yang masih belum optimal. Padahal fasilitas belajar dan motivasi merupakan sebagian faktor mencapai prestasi belajar yang optimal yang didukung peran dan tanggung jawab guru.

B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian

BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR
A. Kajian Teori
1. Fasilitas Belajar
Penelitian ini fasilitas belajar identik dengan sarana prasarana pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab VII Standar Sarana dan Prasarana, pasal 42 menegaskan bahwa (1) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan, (2) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat olahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/ tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

2. Motivasi Berprestasi
3. Hasil Belajar
B. Penelitian Terdahulu
C. Kerangka Berpikir
D. Perumusan Hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Pendekatan Penelitian
Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptitf kuantitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka, meskipun juga berupa data kualitatif sebagai pendukungnya, seperti kata-kata atau kalimat yang tersusun dalam angket, kalimat hasil konsultasi atau wawancara antara peneliti dan informan.
Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Data kualitatif yang diangkakan misalnya terdapat dalam skala pengukuran. Suatu pernyataan/ pertanyaan yang memerlukan alternatif jawaban, sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju di mana masing-masing : sangat setuju diberi angka 4, setuju 3, kurang setuju 2, dan tidak setuju 1 (Sugiyono, 2002: 7).

B.Tempat dan Waktu Penelitian
C. Populasi, Sampel dan Sampling
D. Metode Pengumpulan Data
E. Definisi Operasional Variabel Penelitian
F. Instrumen Penelitian
G. Teknik Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.Hasil Penelitian
Setelah semua data dari dokumen dan angket yang disebarkan kepada responden siswa siswa SMA Negeri 1 Karangnongko Kabupaten Klaten langkah kedua adalah proses mendeskripsikan dan menganalisis data. Penulis dalam menyebarkan angket kepada 210 orang siswa dari tiga kelas yaitu kelas X sebanyak 108 siswa, kelas XI sebanyak 52 siswa dan kelas XII sebanyak 50. Adapun hasil penelitian disajikan dalam bentuk diskripsi data, pengujian hipotesis, pengujian asumsi klasik dan pembahasan hasil penelitian.

B. Pembahasan

BAB V KSEIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang Kontribusi Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kimia pada Siswa SMA Negeri 1 Karangnongko Kabupaten Klaten, dapat disimpulkan bahwa
1. Terdapat kontribusi fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kimia. Dengan model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel terikat, atau dapat dikatakan bahwa hasil analisis regresi menunjukan model sudah tepat. Variabel yang dipilih pada variabel independen yaitu fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi dapat menerangkan variasi variabel hasil belajar kimia sebesar 45,7, sedangkan sisanya 54,3% oleh variabel lain.

B. Implikasi
C. Saran

Daftar Pustaka

LAMPIRAN
LAMPIRAN 1
LAMPIRAN 2
LAMPIRAN 3
LAMPIRAN 4
LAMPIRAN 5
 
 
   
 
>> PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT MELALUI LEMBAGA MASYARAKAT DESA HUTAN (LMDH) (Suatu Kajian Penguatan Kapasitas LMDH dan Peningkatan Efektivitas PHBM di Desa Glandang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang)
>> MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MENCARI INFORMASI DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN KEMAMPUAN BERAPRESIASI DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN
>> KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI I KLATEN DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
>> STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI KERJA APARATUR DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN SINGKAWANG TENGAH)
>> PENGEMBANGAN SILABUS DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 KLATEN
>> DAMPAK INDUSTRIALISASI PERTANIAN TERHADAP KINERJA SEKTOR PERTANIAN DAN KEMISKINAN PERDESAAN : MODEL CGE RECURSIVE DYNAMIC
>> STUDI TENTANG KEPUASAN SISWA DITINJAU DARI UNJUK KERJA GURU, FASILITAS PEMBELAJARAN DAN KESELAMATAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL
>> DAMPAK KEBIJAKAN MIGRASI TERHADAP PASAR KERJA DAN PEREKONOMIAN INDONESIA
>> DINAMIKA KOMUNITAS MEIOFAUNA INTERSTISIAL DI PERAIRAN SELAT DOMPAK KEPULAUAN RIAU
>> MODEL PENGEMBANGAN WILAYAH DENGAN PENDEKATAN AGROPOLITAN (STUDI KASUS KABUPATEN BANYUMAS )
>> KAJIAN TINGKAH LAKU, DISTRIBUSI DAN KARAKTER SUARA LUMBA-LUMBA DI PERAIRAN PANTAI LOVINA BALI DAN TELUK KILUAN LAMPUNG
>> ADSORPSI ION Cr3+ OLEH SERBUK GERGAJI KAYU ALBIZIA (Albizzia falcata): Studi Pengembangan Bahan Alternatif Penjerap Limbah Logam Berat
>> ARAHAN STRATEGI KEBIJAKAN REKLAMASI LAHAN PASCA PENAMBANGAN NIKEL PADA LAHAN KONSESI PT. ANEKA TAMBANG TBK UNIT BISNIS PERTAMBANGAN NIKEL DAERAH OPERASI MALUKU UTARA KABUPATEN HALMAHERA TIMUR PROVINSI MALUKU UTARA
>> KARAKTERISTIK FISIKA KIMIA PERAIRAN DAN KAITANNYA DENGAN DISTRIBUSI SERTA KELIMPAHAN LARVA IKAN DI TELUK PALABUHAN RATU
>> ISOLASI DAN KARAKTERISASI FRAGMEN cDNA DARI GEN PENYANDI METALLOTHIONEIN DARI KEDELAI KULTIVAR SLAMET
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online