PENGARUH KEMAMPUAN PEMBELAJARAN ORGANISASI TERHADAP KOMPETENSI, TINGKAT DIVERSIFIKASI DAN KINERJA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SUMATERA UTARA
Tanggal: 21 Jan 2008
Laporan: YENI ABSAH
 
Studi ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kemampuan pembelajaran organisasi terhadap kompetensi, tingkat diversifikasi dan kinerja perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara.
Studi ini termasuk dalam jenis penelitian survei yang digunakan untuk maksud penjelasan atau konfirmatori, atau disebut juga penelitian pengujian hipotesis yang dimaksudkan untuk menjelaskan pengaruh antar variabel atau hubungan kausal antar variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Studi ini juga termasuk dalam penelitian persepsional, atau disebut juga penelitian opini.populasi penelitian ini adalah seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara yang berada di bawah KOPERTIS Wilayah I Sumut-NAD, yang berjumlah 134 PTS. Informasi atau data tentang kemampuan pembelajaran organisasi, kompetensi, tingkat diversifikasi, dan kinerja PTS tersebut diperoleh berdasarkan pandangan, tanggapan, persepsi atau penilaian dari pimpinan PTS, yang selanjutnya disebut responden penelitian atau sebagai sumber data primer. Studi ini menggunakan metode sensus atau complete enumeration, atau dengan kata lain tidak menggunakan sampel sehingga teknik pengambilan sampel di dalam studi ini juga tidak diperlukan.

Oleh:
YENI ABSAH
NIM. 090415488 D
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2007


Halaman Sampul Depan
Halaman Sampul Dalam
Lembar Prasyarat.
Lembar Pengesahan
Panitia Penilaian Naskah Disertasi
Ucapan Terima Kasih.
Ringkasan
Summary.
Abstract


BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Peranan pendidikan dalam kehidupan sangat penting. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Demikian pentingnya peranan pendidikan, maka dalam UUD 1945 diamanatkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak untuk mendapat pendidikan, pengajaran dan pemerintah mengusahakan untuk menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional yang pelaksanaannya diatur dalam undang-undang.

1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Studi
1.4 Manfaat Studi

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Landasan Teori.
2.1.1 Pembelajaran Organisasi
Perusahaan yang melakukan pembelajaran organisasi adalah perusahaan yang memiliki keahlian dalam menciptakan, mengambil, dan mentransfer pengetahuan, dan memodifikasi perilakunya untuk merefleksikan pengetahuan dan pengalaman barunya. Pembelajaran organisasi menolak stabilitas dengan cara terus menerus melakukan evaluasi diri dan eksperimentasi. Baldwin et al. (1997) menyatakan bahwa anggota organisasi dari semua tingkatan, tidak hanya manajemen puncak, terus melakukan pengamatan lingkungan dalam upaya memperoleh informasi penting, perubahan strategi dan program yang diperlukan untuk memperoleh keuntungan dari perubahan lingkungan, dan bekerja dengan metode, prosedur, dan teknik evaluasi yang terus menerus diperbaiki. Organisasi yang bersedia untuk melakukan eksperimen dan mampu belajar dari pengalaman-pengalamannya akan lebih sukses dibandingkan dengan organisasi yang tidak melakukannya (Wheelen and Hunger, 2002:9). Agar dapat mencapai dan mempertahankan keunggulan bersaing dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, organisasi harus dapat meningkatkan kapasitas pembelajarannya (Marquardt, 1996:15).

2.1.1.1 Definisi Pembelajaran Organisasi.
2.1.1.2 Dimensi Pembelajaran Organisasi
2.1.2 Kompetensi.
2.1.2.1 Definisi Kompetensi
2.1.2.2 Dimensi Kompetensi.
2.1.3 Tingkat Diversifikasi.
2.1.3.1 Definisi Diversifikasi.
2.1.3.2 Dimensi Tingkat Diversifikasi.
2.1.4 Kinerja
2.1.4.1 Definisi Kinerja.
2.1.4.2 Dimensi Kinerja.
2.2 Penelitian Terdahulu
2.2.1 Pengaruh Pembelajaran Organisasi terhadap Kompetensi
2.2.2 Pengaruh Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja.
2.2.3 Pengaruh Kompetensi terhadap Tingkat Diversifikasi.
2.2.4 Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja.
2.2.5 Pengaruh Tingkat Diversifikasi terhadap Kinerja

BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS
3.1 Kerangka Konseptual.
Untuk melakukan analisis dari hasil penelitian maka perlu dilakukan studi atas teori-teori yang akan dipergunakan untuk mendukung analisis tersebut. Studi teoritik dimulai dengan kemampuan pembelajaran organisasi yang mengulas tentang kemampuan dosen untuk menciptakan, memperoleh, menginterpretasikan dan membagi pengetahuan yang bertujuan memodifikasi perilaku, melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teori-teori praktis dan keterampilan kognitif pada dosen. Selanjutnya adalah pendekatan resource-based view yang membahas pentingnya kompetensi bagi kesuksesan organisasi.
3.2 Hipotesis


BAB 4 METODE PENELITIAN
4.1 Jenis dan Rancangan Penelitian
Pada bab ini diuraikan berbagai hal yang berhubungan dengan metode penelitian yang digunakan dalam pengujian hipotesis, antara lain rancangan penelitian, populasi, sampel dan penentuan besar sampel, cara penarikan sampel, variabel penelitian dan definisi operasional variabel, instrumen penelitian, prosedur pengumpulan data, cara pengolahan data dan analisis data, serta pengujian hipotesis.

4.2 Populasi, Sampel, dan Teknik Pengambilan Sampel
4.3 Klasifikasi dan Definisi Operasional Variabel
4.3.1 Klasifikasi Variabel
4.3.2 Definisi Operasional Variabel
4.4 Instrumen Penelitian.
4.5 Prosedur Pengumpulan Data
4.6 Teknik Analisis
4.6.1 Uji Validitas
4.6.2 Uji Reliabilitas.
4.7 Pengujian Hipotesis
4.7.1 Pengujian Hipotesis Penelitian
4.7.2 Analisis SEM

BAB 5 ANALISIS HASIL STUDI
5.1 Deskripsi Sampel Penelitian
Setelah dilakukan penyebaran kuesioner kepada responden maka hasil kuesioner yang layak dan secara penuh mengisi kuesioner berjumlah 134 responden yang berada di Sumatera Utara. Karakteristik responden merupakan gambaran dari keberadaan responden di tempat penelitian. Karakteristik tersebut dilihat berdasarkan jabatan, pendidikan terakhir, jumlah dosen tetap, jumlah dosen tidak tetap, jumlah karyawan, pendidikan terakhir dosen tetap, dan pendidikan terakhir karyawan, yang akan dipaparkan pada Tabel 5.1 sampai Tabel 5.7 .

5.2 Distribusi Penilaian Responden
5.3 Validitas dan Reliabilitas
5.3.1 Uji Validitas
5.3.2 Uji Reliabilitas
5.4 Uji Asumsi SEM
5.4.1 Ukuran Sampel
5.4.2 Asumsi Normalitas Data.
5.4.3 Uji Outliers.
5.4.4 Uji Multikolinearitas dan Singularita
5.5 Analisis Model Struktural Lengkap
5.5.1 Hasil Analisis SEM Tahap Awal
5.5.2 Hasil Analisis SEM Tahap Akhir
5.6 Pengaruh Antar Variabel Penelitian
5.6.1 Pengaruh Langsung Antar Variabel Penelitian
5.6.2 Pengaruh Tidak Langsung Antar Variabel Penelitian
5.6.3 Pengaruh Total Antar Variabel Penelitian.

BAB 6 PEMBAHASAN
6.1 Pengaruh Kemampuan Pembelajaran Organisasi terhadap
Kompetensi
Dalam pembahasan dilakukan kajian untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan berdasarkan koefisien jalur (standardized regression). Selanjutnya berdasarkan hasil uji signifikansi akan dibahas apakah hipotesis yang diajukan diterima (didukung dengan fakta) atau ditolak dengan disertai penjelasan tentang makna empirik dan teoritik. Hasil analisis yang telah dijelaskan pada Bab 5 selanjutnya akan dibahas relevansinya dengan teori-teori yang ada, penelitian sebelumnya, dan fakta-fakta empiris.
6.2 Pengaruh Kemampuan Pembelajaran Organisasi terhadap
Kinerja
6.3 Pengaruh Kompetensi terhadap Tingkat Diversifikasi
6.4 Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja PTS
6.5 Pengaruh Tingkat Diversifikasi terhadap Kinerja PTS
6.6 Temuan Teoritis.
6.7 Keterbatasan Studi.

BAB 7 PENUTUP

7.1 Kesimpulan
Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh kemampuan pembelajaran organisasi terhadap kompetensi tingkat diversifikasi, dan kinerja perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Terdapat pengaruh signifikan positif kemampuan pembelajaran organisasi terhadap kompetensi perguruan tinggi swasta. Dengan demikian Hipotesis satu (H1) yang menyatakan bahwa kemampuan pembelajaran organisasi PTS berpengaruh signifikan terhadap kompetensi PTS dapat diterima. Arah positif menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pembelajaran organisasi yang dilakukan oleh PTS di Sumatera Utara akan menyebabkan PTS mampu meningkatkan kompetensinya.

7.2 Saran.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN 1

LAMPIRAN 2

LAMPIRAN 3
 
 
   
 
>> PERBAIKAN KAMPUNG KOMPREHENSIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL SERTA KEMANDIRIAN MASYARAKAT MISKIN KAMPUNG KUMUH DI KOTA SURABAYA
>> PERBEDAAN BUDAYA DAN ADAPTASI ANTAR BUDAYA DALAM RELASI KEMITRAAN INTI-PLASMA (Studi tentang Komunikasi Antar Budaya: Kasus Kemitraan antara Perusahaan Inti dan Petani Plasma di Perusahaan Teh PT Pagilaran)
>> CIRCULAR MIGRATION OF FEMALE WORKERS TO ABROAD: A STUDY ON MIGRATION DECISION MAKING PROCESSES BY FEMALE FROM EAST JAVA VILLAGES
>> PENGARUH ECONOMIC CONTENT, RESOURCE CONTENT DAN SOCIAL CONTENT TERHADAP KEPERCAYAAN, KEPUASAN, DAN KOMITMEN SERTA RELATIONSHIP INTENTION DEBITUR BANK SUMUT DI SUMATERA UTARA
>> DIMENSI TEGAKAN DAN PENGARUH PEUBAH TEMPAT TUMBUH TERHADAP PRODUKSI DAMAR MATA KUCING (Shorea javanica K. et. V.) DI KRUI LAMPUNG BARAT
>> EFEK PENCEMARAN PERAIRAN SUNGAI KAMPAR DI PROVINSI RIAU TERHADAP IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus)
>> PENAMPILAN REPRODUKSI INDUK IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus Blkr) DENGAN PEMBERIAN PAKAN BUATAN YANG DITAMBAHKAN ASAM LEMAK N-6 DAN N-3 DAN DENGAN IMPLANTASI ESTRADIOL-17B DAN TIROKSIN
>> PERBAIKAN TANAH MEDIA TANAMAN JERUK DENGAN BERBAGAI BAHAN ORGANIK DALAM BENTUK KOMPOS
>> DAMPAK KEBERADAAN IPB TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR KAMPUS DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEREKONOMIAN KABUPATEN BOGOR
>> IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA NASIONAL ERA DESENTRALISASI DI PROVINSI SUMATERA UTARA
>> KAJIAN PENAMPILAN REPRODUKSI IKAN LELE (Clarias gariepinus) BETINA MELALUI PENAMBAHAN ASCORBYL PHOSPHATE MAGNESIUM SEBAGAI SUMBER VITAMIN C DAN IMPLANTASI DENGAN ESTRADIOL-17B
>> PENAPISAN GENOTIPE DAN ANALISIS GENETIK KETAHANAN PEPAYA TERHADAP PENYAKIT ANTRAKNOSA
>> MODEL PENGENDALIAN PENCEMARAN PERAIRAN DI DANAU MANINJAU SUMATERA BARAT
>> INDUKSI VARIAN SOMAKLON MELALUI IRADIASI SINAR GAMMA DAN SELEKSI IN VITRO UNTUK MENDAPATKAN TANAMAN NILAM TOLERAN TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN
>> IMPLEMENTASI KEBIJAKAN NASIONAL DAN PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGHAPUSAN PERDAGANGAN ANAK (Studi Di Kabupaten Karawang)
  
 
 


DRadio 103.4 FM Online

Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online