PENGARUH PENGEMBANGAN PEGAWAI DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI ONLINE SYSTEM TERHADAP KEPUASAN KERJA, KOMITMENT DAN KINERJA PEGAWAI PADA PT. BANK JATIM DI SURABAYA
Tanggal: 12 Sep 2007
Laporan: IDA MARTININGSIH
 
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pelatihan pegawai dalam konteks implementasi online system di PT. Bank Jatim terhadap kepuasan kerja, komitmen, dan kinerja dengan menempatkan kemampuan pegawai sebagai variabel antara. Kepuasan kerja dan komitmen pegawai sebagai dampak pelatihan teknologi informasi online system, juga dihipotesiskan berpengaruh terhadap kinerja, sehingga secara keseluruhan terdapat tiga variabel antara dalam penelitian ini. Pelatihan pegawai dalam konteks implementasi online system dihipotesiskan baik secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja, komitmen pegawai pada perusahaan dan kinerja pegawai, melalui kemampuan pegawai, sehingga ada 9 jalur dalam model yang diuji. Masing-masing variabel diukur secara multi item. Jumlah item keseluruhan adalah 67, dan alternatif jawaban dibobot pada skala Likert 4 interval. Sampel ditarik secara random dari 3 kantor cabang Bank Jatim di Surabaya.

Oleh
IDA MARTININGSIH
PROGRAM STUDI ILMU PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2007

Sampul Depan

Sampul Dalam
Prasyarat Gelar
Persetujuan
Ucapan Terima Kasih

Ringkasan

Summary
Abstrak

BAB 1 PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Kemampuan pegawai yang sesuai tuntutan tugas pekerjaan, merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung efektifitas dan efisiensi organisasi dalam mencapai tujuan. Program pengembangan pegawai melalui pelatihan yang sesuai dan kontinyu merupakan sarana untuk memutakhirkan kemampuan pegawai tersebut. Lebih-lebih pada perusahaan yang berada pada industri yang mengalami perubahan fundamental dalam proses bisnisnya nielalui implementasi teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu industri yang tengali mengalami transformasi dalam implementasi teknologi informasi adalah industri perbankan. seperti dalam industri perbankan.
Rumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
Penelitian Terdahulu
Beberapa studi empiris yang menjadi acuan tesis ini antara lain, Neal dan Griffin (1999), Schillawaert, et. al. (2001), Chan dan Swatman (2001), Shih dan Ventkatesh (2002), Blount, Castleman, dan Swatman (2005) serta Boon dan Arumugam (2006). Neal dan Griffin (1999) meneliti pengaruh keterlibatan manajemen sumber daya manusia (pelatihan, kepemimpinan, dan inovasi) dan faktor individual (ability, personality, dan adaptability) terhadap kinerja individual. Neal dan Griffin menempatkan variabel pengetahuan dan keterampilan, motivasi dan penggunaan teknologi sebagai mediator pengaruh faktor individual dan manajemen sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai.
Landasan Teori
Bank dan Operasinya
Proses Implementasi Teknologi Informasi
Model Penerimaan Inovasi oleh Individu dalam Organisasi
Program Pelatihan dan Pengembangan Pegawai
Proses Program Pelatihan dan Pengembangan
Teknik-teknik pelatihan dan pengembangan
Faktor-faktor Keberhasilan Pelatihan
Manfaat pelatihan dan pengembangan
Kemampuan Pegawai
Konsekuensi Implementasi Inovasi Teknologi Informasi bagi Pegawai
Kepuasan Kerja
Dimensi-dimensi Kepuasan Kerja
Pengukuran Kepuasan Kerja
Komitmen Pegawai
Kinerja

BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS
Kerangka Konseptual
Gambar 3.1 di atas mengilustrasikan hubungan kausalitas antar konstruk yang akan diuji. Dari model konseptual penelitian, dihipotesiskan bahwa pelatihan pegawai dalam implementasi teknologi informasi online system di Bank Jatim berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan kerja, komitmen pegawai, dan kinerja pegawai melalui peningkatan kemampuan pegawai (user) dalam penggunaan apllkasi-aplikasi yang acla dalam online system. Pelatihan pegawai intuk meningkatkan kemampuan pegawai tersebut, diharapkan berdampak positif terhadap kepuasan kerja, komitmen pada organisasi, dan kinerja, sebagaimana telah diidentifikasi dalam studi. sebelumnya.
Variabel kepuasan kerja, komitmen pegawai dan kinerja, pada level pegawai, secara umum merupakan indikator keberhasdan implementasi teknologi informasi dalam organisasi. Aftinya, implementasi teknologi informasi, dapat dikatakan berhasil, jika dengan implementasi inovasi tersebut, mampu menghadirkan kepuasan kerja lebih baik, pegawai menjadi lebih komit pada organisasi dan dalam waktu bersamaan juga meningkatkan kinerjanya. I.ebih lanjut, kepuasan kerja dan komitmen pegawai pada perusahaan juga berpengaruh terhadap kinerja pegawai dalam menjalankan tugas pekerjaannya. Dengan demikian, ada tiga variabel antara dalam model, kemampuan pegawai, kepuasan kerja, dan komitmen pegawai.

Hipotesis Penelitian

BAB 4 METODE PENELITIAN
Rancangan Penelitian
Penelitian ini temiasuk penelitian eksplanasi (explanation research), yaitu mencari penjelasan atau menguji pengaruh antar variabel yang terumus pada hipotesis penelitian. Pada penelitian ini akan diuji pengaruh pelatihan pegawai dalam implementasi teknologi informasi online system di Bank Jatim terhadap kepuasan kerja, komitmen pegawai dan kinerja pegawai melalui kemampuan pegawai. Lebih lanjut, pada penelitian ini juga akan diuji bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung pelatihan pegawai dalam konteks implementasi online system terhadap kinerja melalui variabel antara kepuasan kerja dan komitmen pegawai.
Populasi, Sampel. Besar Sampel dan Teknik Pengambilan Sampel
Variabel Penelitian
Klasifikasi Variabel
Definisi Operasional Variabel
Instrumen Penelitian
l.okasi dan Waklu Penelitian
Prosedur Pengumpulan Data
Pengolahan dan Teknik Analisis Data
Pengolahan Data
Teknik Analisis Data
Uji Normalitas
Measurement Model
Reliabilitas
Indeks Kesesuaian Model (Goodness of fit index)
Uji Signifikansi Koefisien Jalur
Test mediasi

BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS
Gambaran Umum Obyek Penelitian
Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, yang saat ini dikenal dengan sebutan Bank Jatim, didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 di Surabaya.
Landasan hukum pendirian adalah Akte Notaris Anwar Mahajndia Nomor 91 tanggal 17 Agustus 1961 dan dilengkapi dengan landasan operasional Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor BUM. 9-4-5 tanggal 15 Agustus 1961. Selanjutnya berdasar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1962 tentang Ketentuan Pokok Bank Pembangunan Daerah dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1968 tentang Pokok-Pokok Perbankan, pada tahun 1976 dilakukaji penyempurnaan melalui Peraturan Daerah Propinsi Daerah Tingkat 1 Jawa Timur Nomor 2 Tahun 1976 tanggal 10 Juli 1976 yang menyangkut Status Bank Pembangunan Daerah dari bentuk Perseroaan Terbatas (PT) menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Deskripsi Data Karakteristik Responden
Deskripsi Variabel Penelitian
Analisis Data
Measurement Model
Validitas dan Reliabilitas
Analisis Faktor
Pengujian Goodness-of-fit Measurement Model dari Skor Komposit
Pengujian Bobot Faktor (Factor Loading)
Uji Normalitas Data
Pengujian Multikolinieritas
Pengujian Model Struktural
Uji Goodness-of-fit Model Struktural
Pengujian Hipotesis
Analisis Pengaruh Langsung, Pengaruh Tidak Langsung dan Pengaruh Total
Uji Mediasi

BAB 6 PEMBAHASAN

Setelah dilakukan analisis statistik untuk menguji hipotesis, pada bagian ini akan dilakukan pembahasan. Pembahasan difokuskan pada penjelasan mengenai temuan penelitian ini, dilakukan dengan fakta yang terdapat di Bank Jatim dan teori yang dijadikan landasan dalam perumusan model penelitian. Sebagai langkah awal pembahasan, perlu dikemukakan batasan konteks penelitian ini, agar diperoleh pemahaman lebih mendaldia dan fokus, niengingat konstruk-konstruk dalam penelitian ini, bersumber dan studi perilaku organisasi dan pengembangan sumber daya manusia, yang mana konstruk-konstruk tersebut juga dapat diaplikasikan dalam konteks lain lebih luas di bidang studi tersebut.

Pengaruh Pelatihan teknologi informasi terhadap kemampuan pegawai
Pengaruh Pelatihan teknologi informasi terhadap kepuasan kerja
Pengaruh pelatihan teknologi informasi tcrhadap komitmen pegawai
Pengaruh Pelatihan leknologi informasi online system terhadap kinerja

BAB 7 PENUTUP

Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut:
Berdasarkan uji kofisien jalur, yang ditunjukkan oleh nilai hitung disimpulkan bahwa dari 9 jalur dalam model, 2 jalur tidak terbukti signifikan, yaitu pengaruh langsung pelatihan terhadap kinerja dan pengarih langsung komitmen pegawai terhadap kinerja.
Berdasarkan hasil uji koelisien jalur dan uji mediasi, disimpulkan sebagai
berikut:
a. Hipotesis 1, yang menyatakan pengembangan pegawai melalui pelatihan dalam konteks implementasi online system di PT. Bank Jatim berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui kemanipuan pegawai adalah terbukti, dengan mediasi teijadi secara parsial, karena pelatihan secara langsung berpengaruh terhadap kemampuan pegawai dan kepuasan kerja.
b. Hipotesis 2, yang menyatakan bahwa pengembangan pegawai melalui pelatihan dalam konteks implementasi online system di PT. Bank Jatim berpengaruh terhadap komitmen pegawai melalui kemampuan pegawai adalah terbukti dengan mediasi terjadi secara parsial, karena pelatihan secara langsung berpengaruh terhadap kemampuan pegawai dan konutmen
pegawai.

Saran-saran

DAFTAR PUSTAKA


Lampiran 1: Struktur Organisasi Kantor Cabang Bank Jatim
Lampiran 2: Kuesioner Penelitian
Lampiran 3: Data Jawaban Responden
Lampiran 4: Statistik Deskriptif
Lampiran 5: Reliabilitas
Lampiran 6: Analisis Faktor
Lampiran 7: Measurement Model
Lampiran 8
 
 
   
 
>> PEMBANGUNAN DESAIN MATERI PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOPMPETENSI KARYAWAN TEKNIS DIVISI PERTANIAN PT. NUSA INDO AGROMADANI SURABAYA
>> PEMANASAN BERULANG TERHADAP KANDUNGAN GIZI "SIE REUBOH" MAKANAN TRADISIONAL ACEH
>> ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MENENGAH KABUPATEN SIDOARJO
>> TEKNOLOGI PENANGKAPAN PILIHAN UNTUK IKAN CAKALANG DI PERAIRAN SELAYAR PROPINSI SULAWESI SELATAN
>> HUBUNGAN GAYA PENGASUHAN ORANG TUA AUTHORITARIAN DENGAN KEMANDIRIAN EMOSIONAL REMAJA (Studi Remaja Madya dalam Perspektif Psikologi Perkembangan Pada Siswa SMA Negeri I Punggaluku Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara)
>> PERANAN PEREMPUAN TANI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA PETANI MISKIN ( STUDI KASUS KELUARGA PETANI SAWAH TADAH HUJAN DI DESA BONTO MATE'NE KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS )
>> PENGARUH PEMBERIAN MIE INSTAN FORTIFIKASI PADA IBU MENYUSUI TERHADAP KADAR ZINK DAN BESI ASI SERTA PERTUMBUHAN LINIER BAYI
>> PEMBERDAYAAN PENYANDANG CACAT MELALUI PROGRAM REHABILITASI BERSUMBERDAYA MASYARAKAT (Studi Kasus Pelaksanaan Pemberdayaan Terhadap 7 Penyandang Cacat Melalui Program RBM di Kecamatan Rantepao Tana Toraja)
>> PERAN PERSEPSI KEHARMONISAN KELUARGA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN KENAKALAN REMAJA
>> PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SAGA, SAMBILOTO DAN PARE TERHADAP DIFERENSIASI SEL-SEL LEUKOSIT, KANDUNGAN Fe, Zn dan HORMON TESTOSTERON DALAM PLASMA BURUNG PERKUTUT (Geopelia striata L.)
>> PERANCANGAN KEMASAN TRANSPORTASI BUAH SALAK (Salacca edulis) BERBAHAN BAKU PELEPAH SALAK
>> EKSTRAKSI VANILI SECARA ENZIMATIK DARI BUAH VANILI (Vanilla planifolia ANDREWS) SEGAR
>> PENGARUH MOTIVASI KERJA APARAT TERHADAP KUALITAS LAYANAN CIVIL
>> ANALISIS EKONOMI MANFAAT EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI PULAU TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA
>> PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN HUTAN LINDUNG JOMPI KABUPATEN MUNA, PROVINSI SULAWESI TENGGARA
  
 
 


DRadio 103.4 FM Online

Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online