BUKU PEDOMAN PEMBENTUKAN DAN PENGEMBANGAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA)
Tanggal: 03 Apr 2007
Laporan: Prof Dr Haryono Suyono MA, PHD/Dr Rohadi Hariyanto MSC
 
Pada akhir bulan Nopember 2006, saat menutup Kongres Pembangunan Manusia Indonesia 2006, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, menyerukan agar semua pihak bekerj a sama menyingsingkan lengan baju ikut membangun manusia Indonesia yang jumlahnya melimpah. Sekaligus, melihat perkembangan penduduk yang makin tinggi, Presiden berpesan agar program KB digalakkan lagi. Presiden juga menegaskan bahwa pembangunan, utamanya pembangunan manusia dan keluarga, tidak saja menjadi tanggung jawab dan monopou pemerintah, tetapi memerlukan kerja sama dan partisipasi masyarakat luas.

Judul Buku: Pedoman Pembentukan dan pengembangan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) 56 Halaman
Disusun Oleh:
Prof Dr Haryono Suyono MA, PHD
Dr Rohadi Hariyanto MSC
Yayasan Dana Sejahtera Mandiri
Januari 2007

UCAPAN TERIMA KASIH
Peningkatan kualitas manusia sebagai sumber daya pembangunan merupakan prasyarat utama untuk memperbaiki derajat kesejahteraan rakyat. Tujuan utama pembangunan millenium atau Millenium Development Goals (MDGs) di Indonesia, dengan prioritas pengentasan kemiskinan, menetapkan proporsi penduduk miskin pada tahun 2015 diturunkan menjadi setengahnya atau 8,2 % dari jumlah penduduk. Dalam RPJM 2004-2009 sasaran itu dipercepat pencapaiannya pada tahun 2009. Keputusan itu merupakan tekad dan kebijaksanaan pemerintah yang perlu didukung semua instansi dan institusi pembangunan. Agar upaya itu berhasil dengan baik perlu diikuti pengembangan gerakan pemberdayaan keluarga yang dilaksanakan secara intensif.

PENGANTAR
Dimasa lalu pembangunan manusia melalui pemberdayaan keluarga, utamanya dalam bidang KB dan kesehatan, dinilai sangat berhasil karena kerjasama masyarakat yang sangat luas melalui wadah kebersamaan dalam Posyandu. Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu pada masa itu adalah salah satu lembaga pedesaan atau pedukuhan yang sangat terkenal, apalagi hampir semua keluarga desa, melalui Posyandu, khususnya ibu-ibu, ikut gerakan pembangunan kesejahteraan keluarga atau PKK. Posyandu menampung dan menjadi wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan, utamanya dalam bidang KB dan Kesehatan

I. PENDAHULUAN
Dalam kesempatan yang sama Presiden juga meng-khawatirkan angka kematian ibu hamil dan melahirkan, angka kematian bayi dan anak, serta bahaya penyakit yang disebabkan serangan Virus HIV/AIDS. Dikawatirkan pula masih tingginya prevalensi malaria dan berbagai penyakit lain. Bahkan akhir-akhir kita juga diserang Virus Flu Burung yang tidak kalah ganasnya dibandingkan serangan Virus HIV/AIDS yang belum ada obatnya itu.

II POS PEMBERDAYAAN KELUARGA (POSDAYA)
A. PENGERTIAN
Posdaya adalah forum silaturahmi, komunikasi, advo-kasi dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu. Dalam hal-hal tertentu bisa juga menjadi wadah pelayanan keluarga secara terpadu, yaitu pelayanan pengembangan keluarga secara berkelanjutan, dalam berbagai bidang, utamanya kesehatan, pendidikan dan wirausaha, agar keluarga bisa tumbuh mandiri di desanya.

B. MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN
Maksud
Tujuan
Sasaran dan Jenis Kegiatan

C. STRATEGIPENGEMBANGAN
Perluasan Jangkauan
Pembinaan
Pelembagaan dan Pembudayaan

D. JENIS DAN ARAH PENGEMBANGAN POSDAYA
Bina Keluarga Balita (BKB)
Bina Keluarga Remaja
Bina Keluarga Dewasa
Bina Keluarga Lansia
Bina Keluarga Cacat
Bina Keluarga Ekonomi

III. PENGORGANISASIAN POSDAYA
A. PENGORGANISASIAN
Untuk melaksanakan kegiatan perlu dipersiapkan manajemen pelaksana oleh pemrakarsa atau Tim Penyelenggara yang dibentuk khusus untuk itu. Pilihan organisasi atau manajemen diserahkan pada masing-masing Posdaya. Posdaya perorangan bisa saja manajemennya sangat sederhana dan diatur sendiri oleh pengambil prakarsa Posdaya, atau keluarga yang berkepentingan.

Tingkat Desa
Tingkat Dukuh
B. MEKANISME PEMBERDAYAAN DAN PELAYANAN.
C. SUMBER DAYA
Tenaga
Danadan Sarana
D. PEMANTAUAN

IV. LANGKAH PENGEMBANGAN DILAPANGAN.
A. PERSIAPAN
Posdaya merupakan gagasan baru menyambut anjuran pemerintah untuk membangun sumber daya manusia dengan prioritas utama pengentasan kemiskinan. Posdaya mirip dengan Posyandu yang pernah dibentuk di masa lalu untuk bidang KB dan kesehatan. Posdaya bukan saja untuk KB dan Kesehatan tetapi merupakan forum pemberdayaan delapan fungsi keluarga.

Pengembangan Kesepakatan
Pemilihan dan Pembinaan Kader
Menata Organisasi
Penentuan Lokasi
Penyiapan Dukungan

B. PELAKSANAAN
Pra Pemberdayaan
Hari Pemberdayaan
Purna Pemberdayaan

V. PERANAN UNSUR-UNSUR DALAM PENGEMBANGAN

A. APARAT PEMERINTAH DAN LEMBAGA MASYARAKAT
Dalam pengembangan Posdaya paling tidak ada beberapa instansi pemerintah dan lembaga masyarakat yang perlu berperan. Untuk instansi pemerintah peran petugas di tingkat kecamatan dan desa yang perlu berperan, yaitu dari unsur-unsur Pemberdayaan Masyarakat/Pembangunan Desa, KB dengan perangkat PLKBnya, dan Kesehatan dengan perangkat dokter di Puskesmas dan Bidan yang ada di pedesaan, utamanya yang ditugaskan di Posyandu, serta jajaran pertanian, perdagangan dan kope-rasi, lembagakeuangan dan perbankan atau dinas lain dengan penyuluh-penyuluh yang ada. Lembaga masyarakat adalah PSM, organisasi-or-ganisasi sosial dan kemasyarakatan terutama PKK dengan Semua Pokjanya.

B. PERGURUAN TINGGI, SEKOLAH DAN GENERASI MUDA

VI. PENUTUP
 
 
   
 
>> 10 TAHUN MENGABDI TANPA HENTI
>> REMAJA SIAP MEMBANGUN
>> MENCINTAI PRODUKSI DALAM NEGERI
>> MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN KELUARGA KURANG MAMPU
>> LANGKAH TEPAT SELAMATKAN NYAWA
>> EKONOMI KELUARGA PILAR UTAMA KELUARGA SEJAHTERA
>> PENDIDIKAN PEREMPUAN ASET BANGSA
>> VISI KEPENDUDUKAN BERWAWAWASAN KEMANUSIAAN
>> 'MEMOTONG RANTAI KEMISKINAN'
>> SINERGI BARU PEMBERDAYAAN KELUARGA
>> MENYEGARKAN GERAKAN KELUARGA SEJAHTERA MANDIRI
>> GONG PERDAMAIAN DUNIA
Sarana persaudaraan dan pemersatu umat manusia di seluruh planet bumi
>> REVITALISASI SISTEM EKONOMI PANCASILA
Teori dan Praktek Pengentasan Kemiskinan
>> REPUBLIK YANG MENUNGGU
>> KOPERASI SEBAGAI SOKOGURU EKONOMI
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online