PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSI DAN SIKAP PADA BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CIIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PEGAWAI PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III
Tanggal: 23 Dec 2005
Laporan: DWI HARDANINGTYAS
 
Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan kontribusi individu yang mendalam melebihi tuntutan peran di tempat kerja dan di-reward oleh perolehan kinerja tugas. OCB ini melibatkan beberapa perilaku meliputi perilaku menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap aturan-aturan dan prosedur-prosedur di tempat kerja. Perilaku-perilaku ini menggambarkan "nilai tambah karyawan" dan merupakan salah satu bentuk perilaku prososial, yaitu perilaku sosial yang positif, konstruktif dan bermakna membantu. Tugas-tugas pimpinan akan menjadi lebih ringan jika terdapat karyawan-karyawan dengan OCB tinggi, sehingga konsekuensinya akan meningkatkan produktivitas dan kesuksesan dirinya.
Penelitian ini menganalisis pengaruh tingkat kecerdasan emosi dan sikap pada budaya organisasi terhadap OCB. Kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini disusun oleh peneliti berdasarkan kajian teoritis sebelumnya. Kuisioner ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Oleh:
DWI HARDANINGTYAS
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2004

SAMPUL DEPAN
Sampul dalam dan prasyarat gekar
Lembar pengesahan Pembimbing
Lembar Panitia Penguji Tesis
Ucapan terima kasih
Ringkasan
Summary
Abstract
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah Penelitian
Pada tahun 1990-an mulai terjadi perubahan besar-besaran dalam bidang sosial-politik dan ekonomi baik di Eropa maupun di Asia. Dunia terasa menjadi lebih kecil dan dengan mudah dapat dijangkau dengan peralatan yang modern. Kesadaran baru terhadap ekonomi global telah menjadi pembicaraan internasional. Di dalam "desa yang global", pemberitaan lintas dunia bahkan menjadi lebih cepat sehingga gerakan transnasional tentang produk, trend, nilai dan inovasi berlanjut pada munculnya perubahan gaya hidup yang cepat.

1.2 Rumusan Masalah Penelitian
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Organizational Citizenship Behavior (OCB)
2.1.1 Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan kontribusi individu yang icndalam melebihi tuntutan peran di tempat kerja dan di-reward oleh perolehan kinerja tugas. OCB ini melibatkan beberapa perilaku meliputi perilaku menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap aturan-aturan dan prosedur-prosedur di tempat kerja. Perilaku-perilaku ini menggambarkan "nilai tambah karyawan" Ian merupakan salah satu bentuk perilaku prososial, yaitu perilaku sosial yang positif, konstruktif dan bermakna membantu (Aldag & Resckhe. 1997 : 1).

2.1.2 Dimensi-dimensi Organizational Citizenship Behavior (OCB)
2.1.3 Motif-motif yang mendasari OCB
2.1.4 Manfaat Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam
Perusahaan
2.2 Kecerdasan Emosional
2.2.1 Akar sejarah kecerdasan emosional
2.2.2 Pengertian kecerdasan emosional
2.2.3 Ketertarikan pada topik kecerdasan emosional
di jaman sekarang
2.2.4 Nilai kecerdasan emosional pada pekerjaan
2.3 Sikap terhadap Budaya Organisasi
2.3.1 Definisi Sikap
2.3.2 Sikap vs tindakan
2.3.3 Meningkatkan prakiraan perilaku dari sikap
2.3.4 Budaya Organisasi
2.3.5 Teori Penguatan (Reinforcement Theory)
2.3.6 Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory)
2.4. Tinjauan Penelitian Sebelumnya
2.5. Asumsi dasar penelitian

BAB 3. KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN
3.1 Kerangka Konseptual Penelitian
3.2 Hipotesis Penelitian
Hipotesis adalah jawaban teoritis atas masalah penelitian atau berupa pemyataan sementara tentang pengaruh, hubungan sebab akibat atau hubungan pertautan antara dua variabel atau lebih. Hipotesis tersebut hams dapat diuji kebenarannya melalui melalui pengurapulan dan penganalisaan data empiris (Djanvanto, 2001:84).

BAB 4. METODE PENELITIAN
4.1 Rancangan Penelitian
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatori, yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh tingkat kecerdasan emosi dan sikap pada budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB).

4.2 Populasi dan Sampel
4.2.1 Populasi
4.2.2 Teknik Pengambilan Sampel
4.3 Variabel Penelitian
4.3.1 Klasifikasi Variabel
4.3.2 Definisi Operasional Variabel
4.4 Instrumen Penelitian
4.4.1 Validitas Instrumen
4.4.2 Reliabilitas Instrumen
4.5 Lokasi Penelitian
4.6 Prosedur Pengambilan dan Pengumpulan Data
4.6.1 Jenis dan SumberData
4.6.2 Cara Pengumpulan Data
4.7 Teknik Analisis Data

BAB 5. ANALISIS HASIL PENELITIAN
5.1 Gambaran Umum Lokasi Penelitian
PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III memiliki Kantor Pusat yang bertempat di Jl. Perak Timur No 610 Surabaya. Kantor Pusat PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III terdapat empat Direktorat yaitu (Direktorat Pemasaran dan Pengembangan Usaha, Direktorat Operasi, Direktorat Keuangan, dan Direktorat Personalia dan Umum), Biro Hukum, Biro Logistik, SPI, Staf Direktur Utama, Corporate Secretary. PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan bagi seluruh pengguna jasa kepelabuhanan. Berdasarkan sejarahnya, PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III merupakan penyelenggara pelabuhan saat ini dan merupakan wujud cita-cita masa lampau dari bangsa yang besar. PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III memiliki komitmen (1) kepada pelanggan, yaitu memberikan mutu pelayanan yang terbaik; (2) kepada pegawai, yaitu menghargai pegawai sebagai sumberdaya utama yang berprestasi dan sejahtera; (3) kepada pemilik, yaitu meningkatkan nilai perseroan (shareholder value); (4) kepada masyarakat, yaitu ikut mengemban tanggung jawab sosial dan peduli lingkungan.
5.2 Proses Penelitian
5.2 Karakteristik responden
5.3 Deskripsi variabel Penelitian
5.3.1 Variabel Tingkat Kecerdasan Emosi
5.3.2 Variabel Sikap pada Budaya Organisasi
5.3.3 Variabel OCB
5.4 Analisis Hasil Penelitian
5.4.1 Visibilitas
5.4.2 Uji Validitas dan Reliabilitas
5.4.2 Uji Prasyarat
5.4.3 Pengujian Hipotesis

BAB 6. PEMBAHASAN
6.1. Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosi dan Sikap pada Budaya
Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Bab 5 telah menjelaskan melalui metode kuantitatif regresi linier berganda telah terbukti bahwa Tingkat Kecerdasan Emosi dan Sikap pada Budaya Organisasi secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap OCB. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis regresi berganda signifikan dengan nilai F sebesar 12.813 dan signifikansi 0.00. Nilai signifikansi tersebut masih berada di bawah nilai signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05 dan positif sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat Kecerdasan Emosi dan Sikap pada Budaya Organisasi memiliki hubungan yang positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Semakin tinggi Tingkat Kecerdasan Emosi dan Sikap pada Budaya Organisasi maka semakin tinggi pula OCB-nya. Apabila tingkat kecerdasan emosi dan sikap pada budaya organisasi pegawai PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III mengalami kenaikan maka OCBnya juga akan mengalami kenaikan. Demikian pula sebaliknya, apabila tingkat kecerdasan emosi dan sikap pada budaya organisasi pegawai PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III mengalami penurunan maka OCBnya juga akan mengalami penurunan.

6.2. Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosi terhadap
Organizational Citizenship Behavior (OCB)
6.3. Pengaruh Sikap pada Budaya Organisasi terhadap Organizational
Citizenship Behavior (OCB)
6.4 Implementasi penelitian untuk PT (PERSERO)
Pelabuhan Indonesia III

BAB 7. SIMPULAN DAN SARAN
7.1 Simpulan
Berdasarkan hasil Analisis Regresi Berganda yang dilakukan dalam penelitian ini maka diperoleh kesimpulan bahwa
1. Tingkat Kecerdasan Emosi dan Sikap pada Budaya Organisasi berpengaruh pada Organizational Citizenship Behavior (OCB) pegawai PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,00 dimana nilai signifikansi tersebut masih berada di bawah nilai signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05

7.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN 1
LAMPIRAN 2
LAMPIRAN 3
LAMPIRAN 4
LAMPIRAN 5
LAMPIRAN 6
LAMPIRAN 7
LAMPIRAN 8
LAMPIRAN 9

DAFTAR TABEL
Tabel 5.1 Distribusi Usia Responden Penelitian
Tabel 5.2 Distribusi Responden Penelitian berdasarkan tingkat Pendidikan
Tabel 5.3 Distribusi Variabel Tingkat Kecerdasan Emosi
Tabel 5.4 Distribusi Variabel Sikap pada Budaya Organisasi
Tabel 5..5 Distribusi Variabel OCB
Tabel 5.6 Hasil Uji Validitas
Tabel 5.7 Hasil Uji Reliabilitas
Tabel 5.9 Diagnoses Kolinier
Tabel 5.10 Korelasi Antar Variabel
Tabel 5.11 Uji normalitas data variabel dependen
Tabel 5.12 Statistik Deskriptif Variabel Tingkat Kecerdasan Emosi, Sikap
Pada Budaya Organisasi dan OCB
Tabel 5.13 Hasil Anova
Tabel 5.14 Ringkasan Hasil Koefisien Determinasi
Tabel 5.15 Hasil Analisis Regresi

DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1. Model OCB berdasarkan Motif
Gambar 2.2. Proses Terjadinya Perilaku
Gambar 3.1. Kerangka Konseptual Penelitian
 
 
   
 
>> PENGEMBANGAN MODEL PELAYANAN HAJI DEPARTEMEN AGAMA BERDASARKAN PRINSIP REINVENTING GOVERNMENT YANG BERORIENTASI PADA PELANGGAN DI KABUPATEN GRESIK
>> PENGARUH KEJELASAN PERAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP EFEKTIFITAS PELAKSANAAN TUGAS JABATAN KEPALA SUB BAGIAN DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH PROPINSI JAWA TIMUR
>> KEPEMIMPINAN DAN LAPISAN TENGGER DI DAERAH BROMO (STUDI TENTANG KOMPETENSI KEPEMIMPINAN TRADISIONAL DAN PEMERINTAHAN DESA NGADISARI KECAMATAN SUKAPURA KABUPATEN PROBOLINGGO)
>> PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN JOB INSECURITY KARYAWAN TERHADAP INTENSI TURNOVER
>> PENGARUH RESISTENSI PERUBAHAN DAN KECERDASAN EMOSI DOSEN TERHADAP SIKAP DOSEN MENGENAI PERUBAHAN ITS DARI PTN MENUJU PT BHMN
>> ANALISIS PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PERUSAHAAN BAGI KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DI PT TELKOM TBK KANTOR DIVRE V (BIDANG PERFORMANSI DAN SUMBER DAYA MANUSIA) SURABAYA
>> PENGEMBANGAN MODEL PEMBINAAN ANAK JALANAN MELALUI RUMAH SINGGAH DI JAWA TIMUR
>> ANALISIS TERHADAP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM BIROKRASI PEMERINTAHAN (Studi Terhadap Kepemimpinan Perempuan di Kabupaten Tuban Jawa Timur)
>> PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN DINAS DI LINGKUP PERTANIAN KABUPATEN SAMPANG
>> ANALISIS HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN FAKTOR KETURUNAN DAN GAJI YANG DITERIMA OLEH TENAGA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN LUMAJANG
>> PENGARUH PENGGUNAAN PERALATAN KIT IPA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI DI KECAMATAN PURWOREJO KOTA PASURUAN JAWA TIMUR
>> PENGARUH PROGRAM BUSINESS DEVELOPMENT SERVICES (BDS) TERHADAP KINERJA PENGELOLA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI JAWA TIMUR
>> PENGENDALIAN HAMA BELALANG KEMBARA (Locusta migratoria) DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK DI KALIMANTAN BARAT
>> PERAN DANA KUKESRA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA ANGGOTA KELOMPOK UPPKS DI DESA TAWANGSARI KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI
>> Analisis Karakteristik Individu dan Karakteristik Organisasi Terhadap Peingembangan Karir Pegawai (Studi Kasus pada Kanwil VII Direktorat Jenderal Bea dan Cukai)
  
 
 


DRadio 103.4 FM Online

Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online