PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN
Tanggal: 22 Aug 2005
Laporan: Ahmad Suyuthi
 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pendidikan berbasis kompetensi yang dilaksanakan oleh pondok pesantren Sunan Drajat Lamongan sebagai obyek penelitian.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitikBesar sampel adalah 200 orang dari santri dan pendidik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara Accidental sample. Teknik analisis deskriptif dalam hal ini antara lain penyajian data melalui tabel atau grafik. Perhitungan data dengan menggunakan frekuensi dan penggunaan prosentase.



Oleh :
Ahmad Suyuthi
Program Pasca Sarjana
Universitas Airlangga Surabaya

Halaman
Sampul Depan
Sampul Dalam
Prasyarat Gelar
Persetujuan
Penetapan Panitia Penguji
Ucapan Terima Kasih
RINGKASAN
Summary
ABSTRACT
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Era globalisasi dewasa ini dan di masa datang sedang dan akan mempengaruhi perkembangan sosial budaya masyarakat muslim Indonesia umumnya, atau pendidikan Islam, termasuk pondok pesantren khususnya. Bahwa masyarakat muslim tidak bisa menghindarkan diri dari proses globalisasi tersebut, apalagi jika ingin survive dan berjaya di tengah perkembangan dunia yang kian kompetitif di masa kini dan masa depan.

1.1. Latar Belakang Masalah
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan
1.4. Manfaat

BAB 2 KAJIAN PUSTAKA
2.1. Pengertian
Sebelum membahas lebih jauh tentang pengembagan model sistem pendidikan berbasis kompetensi di pondok pesantren, maka perlu terlebih dahulu dipaparkan definisi model, pendidikan dan kompetensi
2.1.1. Model
2.1.2. Pendidikan
2.1.2.1. Visi Pendidikan Nasional
2.1.2.2. Misi Pendidikan Nasional
2.1.2.3. Tujuan Pendidikan Nasional
2.1.3. Kompetensi
2.2. Pendidikan Berbasis Kompetensi
2.2.1. Metode
2.2.2. Media
2.2.3. Materi
2.2.3. Pendidik
2.3. Pondok Pesantren
2.3.1. Pengertian Pondok Pesantren
2.3.2. Komponen Pondok Pesantren
2.3.3. Tipologi Pondok pesantren
2.3.4. Metode Pembelajaran di Pondok Pesantren
2.3.5. Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren
2.3.6. Reformulasi Model Pendidikan Pondok Pesantren
2.3.7. PengembanganUnit Usaha dan Ketrampilan di Pondok pesantren

BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL
Pendidikan pesantren dalam menghadapi era globalisasi, meskipun pada awalnya dunia pesantren terlihat enggan dan rikuh dalam menerima perubahan, sehingga tercipta kesenjangan antara pesantren dengan dunia luar. Tetapi secara gradual pondok pesantren kemudian melakukan akomodasi dan konsesi tertentu untuk kemudian menemukan pola yang dipadangnya cukup tepat guna menghadapi perubahan yang kian cepat dan berdampak luas. Dalam hal ini, Pendidikan adalah kehidupan, untuk itu kegiatan belajar harus dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup (life skill atau life competency) yang sesuai dengan lingkungan kehidupan dan kebutuhan santri.

BAB 4 METODE PENELITIAN
4.1. Jenis Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang realitas pada obyek yang diteliti secara obyektif. Penelitian ini menekankan pada satu variabel yakni pengembangan model pendidikan berbasis kompetensi
4.2. Populasi dan Sampel
4.3. Teknik Pengambilan Sampel
4.4. Variabel Penelitian
4.5. Definisi Operasional Variabel
4.6. Lokasi Penelitian
4.7. Instrumen Penelitian
4.8. Metode Pengumpulan Data
4.9. Pengujian Instrumen Penelitian
4.9.1. Uji Fisibilitas
4.9.2. Uji Validitas
4.9.3. Uji Reliabilitas
4.10. Analisis Data

BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN
5.1. Gambaran Umum Pondok Pesantren Sunan Drajat
5.1.1. Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Sunan Drajat
Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjaranyar memiliki nilai historis yang amat panjang karena keberadaan pesantren ini tak lepas dari nama yang disandangnya yakni, Sunan Drajat.
5.1.2. Kebangkitan Pesantren Sunan Drajat
5.1.3. Visi Misi dan Tujuan Pondok Pesantren Sunan Drajat
5.1.3.1. Visi Pondok Pesantren Sunan Drajat
5.1.3.2. Misi Pondok Pesantren Sunan Drajat
5.1.3.3. Tujuan Pondok Pesantren Sunan Drajat
5.1.4. Lokasi Pondok Pesantren Sunan Drajat
5.1.5. Keadaan Santri, Kyai dan Ustadz
5.1.5.1. Keadaan Santri
5.1.5.2. Keadaan Kyai dan Guru atau Ustadz
5.1.6. Struktur Organisasi Pondok Pesantren Sunan Drajat
5.1.7. Unit-Unit Usaha dan Pengembang Ketrampilan
5.2. Validitas dan Realibilitas Kuisioner
5.2.1. Validitas
5.2.2. Realibilitas
5.3. Karakteristik Responden
5.3.1. Jenis Kelamin
5.3.2. Usia
5.3.3. Pendidikan
5.4. Deskripsi Jawaban Responden
5.4.1. Metode Pembelajaran
5.4.2. Media Pembelajan
5.4.3. Materi Pembelajaran
5.4.4. Pendidik/Guru

BAB 6 PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil penelitian maka pengembangan kompetensi yang diharapkan ini mengacu pada jawaban responden akan berbagai hal yang menyangkut pendidikan berbasis kompetensi. Pendidikan berbasis kompetensi menekankan pada 3 aspek yang diperoleh siswa didik yaitu pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan. Pada era persaingan pasar bebas yang akan datang yang lebih diharapkan adalah tersedianya sumber daya manusia yang tidak hanya unggul dari sisi pengetahuan namun juga unggul dalam ketrampilan dan kemampuannya. Masing-masing sumber daya manusia tersebut harus mempunyai keunggulan bersaing tertentu atau mempunyai keahlian tertentu dalam konteks umum dikenal dengan istilah spesialis bahkan perlu dikembangkan SDM yang mempunyai keahlian super spesialis.

6.1. Metode Pembelajaran
6.2. Media Pembelajan
6.3. Materi Pembelajaran
6.4. Pendidik/Guru

BAB 7 PENUTUP
7.1. Simpulan
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan model pedidikan yang dapat dikembangkankan di pondok pesantren Sunan Drajat adalah integrasi antara model pendidikan klasik dan modern. Integrasi tersebut mencakup aspek metode, media, materi, dan guru. Adapun metode pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah metode sorogan, metode bandongan, metode klasikal, metode diskusi, metode penugasan, metode pelatihan, metode magang, metode pelibatan pada organisasi, metode pelibatan pada wirausaha, dan metode pengajaran dengan keteladanan. Sedangakan Media yang diharapkan dikembangkan untuk sistem pendidikan di pondok adalah ketersediaan dan kelengkapan kitab dan modul serta buku penunjang di perpustakaan, tersedianya dan digunakannya fasilitas komputer, fasilitas internet, laboratorium mikro wirausaha untuk praktek santri, tersedianya fasilitas praktek ketrampilan.
7.2. Saran

DAFTAR KEPUSTAKAAN

DAFTAR ISI
Halaman sampul depan
Halaman sampul dalam
Halaman prasyarat gelar
Halaman persetujuan
Halaman penetapan panitia penguji
Halaman ucapan terima kasih
Halaman ringkasan
Halaman summary
Halaman abstrak
Halaman daftar isi
Halaman daftar table
Halaman daftar lampiran
 
 
   
 
>> PENGARUH STRES KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PT. H.M. SAMPOERNA Tbk SURABAYA
>> DAMPAK PROGRAM YAYASAN DAMANDIRI TERHADAP PEMENUHAN PENDIDIKAN ANAK DI KOTA SURABAYA
(Analisis Pada Keluarga Binaan Dengan Skim Pundi Kencana)
>> FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN TUGAS PEMERINTAHAN DESA DI KABUPATEN KATINGAN PROPINSI KALIMANTAN TENGAH
>> HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN PERSEPSI REMAJA TERHADAP PENERAPAN DISIPLIN ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK
>> STRATEGI PENGEMBANGAN "DANGKE" SEBAGAI PRODUK UNGGULAN LOKAL DI KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN
>> PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG DIBERI PUPUK ORGANIK DIFERMENTASI, Azospirillum sp., DAN PUPUK NITROGEN DI PANGALENGAN DAN CISARUA
>> PERTUMBUHAN DAN HASIL RAMI (Boehmeria nivea (L.) Gaud.) YANG DIBERI RAW MIX SEMEN DAN MIKROORGANISME EFEKTIF M-BIO PADA TANAH GAMBUT
>> PERSEPSI ANGGOTA TENTANG PERAN PEMIMPIN KELOMPOK PADA MASYARAKAT MISKIN KOTA DI KECAMATAN BOGOR TIMUR, KOTA BOGOR
>> PEMANFAATAN DANA INPRES DESA TERTINGGAL PASCA PROGRAM STUDI DI DESA KOPEN KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI
>> PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS EXTERNAL DAN PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR
>> POTENSI DAN DAYA DUKUNG LIMBAH PERTANIAN SEBAGAI PAKAN SAPI POTONG DI KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN
>> ANALISIS TIPOLOGI DAN PENGEMBANGAN DESA-DESA PESISIR KOTA BANDAR LAMPUNG
>> PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PT. CHEIL JEDANG INDONESIA DI JOMBANG JAWA TIMUR
>> POLA HUBUNGAN HUKUM PADA PROGRAM KEMITRAAN USAHATANI TEMBAKAU DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT
>> ANALISIS JALUR HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KECERDASAN, STRATEGI-STRATEGI METAKOGNITIF, DAN PENGETAHUAN AWAL
  
 
 


DRadio 103.4 FM Online

Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online