ANALISIS JALUR HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KECERDASAN, STRATEGI-STRATEGI METAKOGNITIF, DAN PENGETAHUAN AWAL
Tanggal: 28 Apr 2005
Laporan: MUISMAN
 
Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah tentang apakah ada hubungan langsung antara kecerdasan dengan pengetahuan awal? Apakah ada hubungan langsung antara kecerdasan dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi? Apakah ada hubungan langsung antara strategi-strategi metakognitif dengan pengetahuan awal? Apakah ada hubungan langsung antara strategi-strategi metakognitif dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi? Apakah ada hubungan langsung antara pengetahuan awal dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi? Apakah ada hubungan tidak langsung antara kecerdasan dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui pengetahuan awal? Apakah ada hubungan tidak langsung antara strategi-strategi metakognitif dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui pengetahuan awal?

Oleh:
MUISMAN

Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN NEGERI SINGARAJA
PROGRAM PASCASARJANA
NOVEMBER 2003

COVER
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

Bab 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Kegunaan Penelitian

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Deskripsi Teoretis
1. Kecerdasan (Intelligence)
2. Strategi-strategi Metakognitif (Metacognitive Strategies)
a. Pengetahuan Metakognitif
b. Pengalaman-pengalaman Metakognitif
3. Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
a. Fakta
b. Konsep
c. Generalisasi
a. Pengetahuan Awal (Prior Knowledge)
b. Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi

B. Kerangka Berpikir
B. Kerangka Berpikir
1. Hubungan Langsung Antara Kecerdasan dengan Pengetahuan Awal
2. Hubungan Langsung Antara Kecerdasan dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran
Ekonomi
3. Hubungan Langsung Antara Strategi-strategi Metakognitif dengan Pengetahuan
Awal
4. Hubungan Langsung Antara Strategi-strategi Metakognitif dengan Hasil belajar
Mata pelajaran ekonomi
5. Hubungan Langsung Antara Pengetahuan Awal dengan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Ekonomi
6. Hubungan Tidak Langsung Antara Kecerdasan dengan Hasil Belajar mata
pelajaran Ekonomi melalui Pengetahuan Awal
7. Hubungan Tidak Langsung Antara Kecerdasan dengan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Ekonomi melalui Pengetahuan Awal
C. Pengujian Hipotesis

BAB III METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Populasi Penelitian dan Sampling
1. Populasi
2. Sampling
C. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional
1. Variabel Penelitian
2. Definisi Operasional
D. Rancangan Penelitian
E. Metode Pengumpulan Data dan Instrumen
1. Metode Pengumpulan Data
2. Instrumen
a. Konsepsi
b. Kisi-kisi Instrumen
c. Kalibrasi Instrumen
d. hasil Uji Coba Instrumen
F. Metode Analisis Data
1. Data Hilang (Missing Data)
2. Data Ekstrem (Outlier)
3. Normalitas Data
4. Kolinieritas
5. Linieritas Hubungan

BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data
1. Kecerdasan
2. Strategi-strategi Metakognitif
3. Pengetahuan Awal
4. Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi

B. Uji Asumsi
1. Data Hilang (Missing Data)
2. Data Ekstrem (outlier)
3. Normalitas Data
4. Kolinieritas
5. Linierias Hubungan

C. Pengujian Hipotesis
1. Interkorelasi Antarvariabel
2.Identifikasi Koefisien Jalur
3. Identifikasi Koefisien Jalur dengan Residual
4.Signifikansi Koefisien Jalur
5. Pengujian Spesifikasi Model Analisis
6. Menentukan Indeks Determinasi (Sumbangan Efektif)

D. Pembahasan
1. Hubungan Langsung Antara Kecerdasan dengan Pengetahuan Awal
2. Hubungan Langsung Antara Kecerdasan dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran
Ekonomi
3. Hubungan Langsung Antara Strategi-strategi Metakognitif dengan Pengetahuan
Awal
4. Hubungan Langsung Antara Strategi-strategi Metakognitif dengan Hasil belajar
Mata pelajaran ekonomi
5. Hubungan Langsung Antara Pengetahuan Awal dengan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Ekonomi
6. Hubungan Tidak Langsung Antara Kecerdasan dengan Hasil Belajar mata
pelajaran Ekonomi melalui Pengetahuan Awal
7. Hubungan Tidak Langsung Antara Kecerdasan dengan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Ekonomi melalui PengetahuanAwal

E. Keterbatasan Penelitian
1. Karakteristik Subjek
2. Lokasi Penelitian
3. Instrumen Penelitia
4. Pengujian
5. Subjek yang Hilang (Mortality)
6. Generalisasi Hasil Penelitian

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN
A. Simpulan
B. Implikasi
1. Implikasi terhadap Penyusunan Materi Pelajaran
2. Implikasi terhadap Kegiatan Belajar Mengajar
3. Implikasi terhadap Indikator-indikator Hasil Belajar
4. Implikasi terhadap Sistem Penerimaan Siswa Baru
C. Saran
DAFTAR PUSTAKA

RIWAYAT HIDUP

Rata-rata NEM Bidang Studi IPS SLTP Negeri dan swasta pada Tingkat Nasional, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 1996/1997 2000/2001
Korelasi Antara Primary Mental Abilities dengan Nilai Ujian Mahasiswa Baru Universitas Chicago
Strategi-strategi Kognitif yang Mendukung Tahap-tahap Pemrosesan Informasi
Rata-rata Skor Literasi Membaca Siswa di Beberapa Negara OECDBerdasarkan Strategi-strategi Kognitif yang Digunakan
Langkah-langkah Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas pada Saat Penelitian
Kisi-kisi Inventori Strategi-strategi Metakognitif
Kisi-kisi Tes Pengetahuan Awal
Kisi-kisi Tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Distribusi Frekuensi Skor Kecerdasan
Hasil Analisis Uji-t Amatan Ulangan Skor Strateg-strategi Metakognitif
Distribusi Frekuensi Skor Strategi-strategi Metakognitif
Distribusi Frekuensi Skor Pengetahuan Awal
Distribusi Frekuensi Skor Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Koefisien Korealsi Antarvariabel
Signifikansi Koefisien Jalur
Signifikansi Koefisien Jalur dengan Residual
Efek gabungan, Efek langsung, Efek Tidak Langsung, Efek Unanalyzed, dan Efek Spurious

DAFTAR GAMBAR
Model Teori Inteligensi Thurstone Hubungan Pengetahuan Metakognitif dengan Strategi-strategi Metakognitif
Hubungan Pengalaman, Konsep, dan Simbol
Hubungan Strategi-strategi Metakognitif dengan Strategi-strategi Kognitif
Sistematika Hubungan Pengetahuan Awal dengan Pengetahuan baru
Sistem Pemrosesan Informasi
Konstelasi Variabel-variabel Penelitian
Histogram Skor Kecerdasan
Histogram Skor Strategi-strategi Metakognitif
Histogram Skor Pengetahuan Awal
Histogram Skor Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Koefisien Jalur di Dalam Konstelasi Variabel-variabel Penelitian
Model Struktural Akhir Konstelasi Variabel-variabel Penelitian
Sumbangan Efektif Kecerdasan dan Strategi-strategi Metakognitif terhadap Pengetahuan Awal
Sumbangan Efektif Kecerdasan, Strategi-strategi Metakognitif, Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Sistem Pemrosesan Informasi

DAFTAR LAMPIRAN
Analisis Materi Pelajaran 167
Prasyarat-prasyarat Suportive (Suportive prerequisites) Sesuai dengan Nomor Tes
Hasil Analisis Validitas Butir-butir Kuesioner Strategi-strategi Metakognitif
Hasil Analisis Reliabilitas Kuesioner Strategi-strategi Metakognitif
Hasil Analisis Kesamaan Varians Strategi-strategi Metakognitif
Hasil Analisis Tingkat Kesukaran Butir-butir Tes Pengetahuan Awal
Hasil Analisis Validitas Butir-butir Tes Pengetahuan Awal
Hasil Analisis Reliabilitas Tes Pengetahuan Awal
Hasil Analisis Tingkat Kesukaran Butir-butir Tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Hasil Analisis Validitas Butir-butir Tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Hasil Analisis Reliabilitas Tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Inventori Strategi-strategi Metakognitif
Tes Pengetahuan Awal
Tes Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Skor Kecerdasan, Strategi-strategi Metakognitif, Pengetahuan Awal, dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi
Hasil Analisis Statistik Deskriptif
Rata-rata Skor Strategi-strategi Metakognitif
Hasil Analisis Data Ekstrem (Outlier)
Hasil Analisis Normalitas Data
Hasil Analisis Kolinieritas
Hasil Analisis Linieritas Hubungan
Hasil Analisis Regresi
Hasil Analisis Jalur
Perhitungan Efek Gabungan, Efek Langsung, Efek Tidak Langsung Efek Unanalyzed, dan Efek Spurious
Hasil Analisis Perbedaan Skor-skor Strategi-strategi Metakognitif
Surat Ijin Penelitian
Surat Keterangan Telah Melakukan Penelitian
 
 
   
 
>> Pengaruh Locus of Control, Orientasi Tujuan Pembelajaran dan Lingkungan Kerja Terhadap Self Efficacy dan Transfer Pelatihan Karyawan PT. Telkom Kandatel Surabaya Timur
>> Analisis Kebijakan Pengembangan Marikultur di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Propinsi DKI Jakarta
>> PENGEMBANGAN MODEL REMUNERASI BERBASIS KOMPETENSI DI PT. PAL INDONESIA
>> ANALISIS TEKNOLOGI PENGOLAHAN SAMPAH DENGAN PROSES HIRARKI ANALITIK DAN METODA VALUASI KONTINGENSI (Studi Kasus Di Jakarta Timur)
>> ANALISIS SOSIAL-EKONOMI RUMAHTANGGA INDUSTRI PRODUK JADI ROTAN DI KOTA PEKANBARU
>> PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KABUPATEN GRESIK
>> HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP GURU TERHADAP PEKERJAAN DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DI KABUPATEN PANDEGLANG
>> MODEL PENGEMBANGAN POLA KARIR PEGAWAI DI PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR
>> HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN KINERJA KARYAWAN PT. ELANG EXPRESS SURABAYA
>> PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERADAAN SITU (STUDI KASUS KOTA DEPOK)
>> MENGEMBANGKAN MANUSIA PARIWISATA DENGAN METODE ANALISIS SITUASIONAL SEBAGAI MODEL KOMPETENSI SDM DI DISPARINKOM KABUPATEN GRESIK
>> "DAMPAK KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERHADAP AKSESIBILITAS MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH KESEMPATAN PEMERATAAN PENDIDIKAN TINGGI"
>> ANALISIS TIPE STRATEGI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KAWASAN SARBAGITA, BALI
>> ANALISIS PERMINTAAN ANAK PADA WANITA PASANGAN USIA MUDA DI KOTA MAKASSAR
>> KAJIAN TUMBUH KEMBANG KARKAS DAN KOMPONENNYA SERTA PENAMPILAN DOMBA SUNGEI PUTIH DAN LOKAL SUMATERA YANG MENGGUNAKAN PAKAN LIMBAH KELAPA SAWIT
  
 
 


DRadio 103.4 FM Online

Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online