MODEL PENGEMBANGAN POLA KARIR PEGAWAI DI PT. TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR
Tanggal: 14 Apr 2005
Laporan: TITIK EKO PRASETYANINGTYAS
 
Salah satu strategi pengelolaan SDM di perusahaan yang mampu meningkatkan semangat dan gairah kerja seseorang adalah pola karir. Sistem pengembangan pola karir yang tepat mampu memberikan arah bagi karyawan untuk pengembangan dirinya. Sistem pengembangan pola karir yang tepat mampu mempercepat pencapaian tujuan organisasi. Sebagai perusahaan telekomunikasi yang sangat besar, PT. Telkom telah menyadarinya dengan baik sehingga dibuatlah sistem pengembangan pola karir bagi pegawai PT. Telkom yang tertuang pada Surat Keputusan Direksi PT. Telkom No. KD.21 /PS 180/SDM/12/98 tanggal 11 September 1998 tentang pola karir pegawai. Namun dalam perkembangan 5 (lima) tahun berjalan tersebut penerapan sistem pola karir pegawai ini justru terjadi percepatan kenaikan jenjang karir bagi pegawai yang beprestasi. Akibat dari percepatan jenjang karir ini terjadi penumpukan (penggelembungan) pada level tengah (middle management). Pada sisi yang lain, secara esensial PT. Telkom digerakkan menuju hirarki piramid. Penggelembungan level tengah ini mengakibatkan struktur organisasi PT. Telkom tidak sesuai dengan hirarki piramid, sehingga dikhawatirkan dalam beberapa tahun ke depan visi, misi dan tujuan organisasi tidak tercapai.

Oleh:
TITIK EKO PRASETYANINGTYAS
PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2003

ABSTRAK

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Abad 21 saat ini merupakan suatu masa yang diwarnai oleh munculnya era globalisasi. Fenomena globalisasi merupakan era baru peradaban manusia dimana terjadi perubahan yang sangat cepat dalam berbagai bidang kehidupan. Teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat dengan didukung oleh proses tranformasi informasi sedemikian rupa sehingga mengakibatkan perubahan pola hidup manusia.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Pengertian Karir.
Menurut Gibson dkk. (1995: 305) karir adalah rangkaian sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengalaman dan aktivitas kerja selama rentang waktu kehidupan seseorang dan rangkaian aktivitas kerja yang terus berkelanjutan. Dengan demikian karir seorang individu melibatkan rangkaian pilihan dari berbagai macam kesempatan. Jika ditinjau dari sudut pandang organisasi, karir melibatkan proses dimana organisasi memperbaharui dirinya sendiri untuk menuju efektivitas karir yang merupakan batas dimana rangkaian dari sikap karir dan perilaku dapat memuaskan seorang individu.

BAB 3 KERANGKA PIKIR DAN KERANGKA KERJA MODEL PENGEMBANGAN POLA KARIR
Dalam melakukan penelitian ini, penulis berlandaskan pada tinjauan pustaka yang telah dijabarkan pada bagian depan. Penulis membuat suatu rangkaian kerangka pikir dan keranga kerja yang berfungsi sebagai penuntun dan panduan alur pikir agar tidak keluar dari tema penelitian. Kerangka pikir model pengembangan pola karir pegawai di PT. TELKOM Divre V Jawa Timur dibuat atas dasar teori-teori yang berhubungan dengan pengembangan karir dan pola karir pegawai yang sekarang dilaksanakan di PT. TELKOM Divre V Jawa Timur serta dari survey lapangan di PT. TELKOM.

BAB 4 METODE PENELITIAN
4.1. Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, karena pemrosesan informasi, pengolahan data, dan analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif.

BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN
5.1 Gambaran Umum Obyek Penelitian
Untuk memberikan gambaran yang lengkap mengenai obyek penelitian berikut ini akan diuraikan sejarah umum PT. TELKOM, bidang usaha PT. TELKOM, peta bisnis PT. TELKOM, struktur organisasi PT. TELKOM, dan strategi DIVRE V Jawa Timur.

BAB 6 PEMBAHASAN
6.1 Pembahasan Hasil Penelitian
Permasalahan yang timbul pada Pola Karir Pegawai di PT. Telkom Divre V Jawa Timur, yaitu adanya penggelembungan jumlah SDM pada band posisi III sampai V. Keadaan ini dapat dilihat dari grafik jumlah pegawai PT. Telkom Divre V Jawa Timur per band individu pada posisi bulan Oktober 2002 dan Juni 2003 sesuai tabel 6.1 di bawah ini :

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN
 
 
   
 
>> HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN KINERJA KARYAWAN PT. ELANG EXPRESS SURABAYA
>> PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEBERADAAN SITU (STUDI KASUS KOTA DEPOK)
>> MENGEMBANGKAN MANUSIA PARIWISATA DENGAN METODE ANALISIS SITUASIONAL SEBAGAI MODEL KOMPETENSI SDM DI DISPARINKOM KABUPATEN GRESIK
>> "DAMPAK KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERHADAP AKSESIBILITAS MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH KESEMPATAN PEMERATAAN PENDIDIKAN TINGGI"
>> ANALISIS TIPE STRATEGI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KAWASAN SARBAGITA, BALI
>> ANALISIS PERMINTAAN ANAK PADA WANITA PASANGAN USIA MUDA DI KOTA MAKASSAR
>> KAJIAN TUMBUH KEMBANG KARKAS DAN KOMPONENNYA SERTA PENAMPILAN DOMBA SUNGEI PUTIH DAN LOKAL SUMATERA YANG MENGGUNAKAN PAKAN LIMBAH KELAPA SAWIT
>> IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR KONSTRUKTIVIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGUBAH MISKONSEPSI DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA
>> OPTIMASI UPAYA PENANGKAPAN UDANG DI PERAIRAN DELTA MAHAKAM DAN SEKITARNYA
>> "ANALISIS KOMPARASI TEKNOLOGI BUBU DASAR DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN NELAYAN DI KLUNGKUNG BALI"
>> KAJIAN PERTUMBUHAN DAN DISTRIBUSI DAGING SERTA ESTIMASI PRODUKTIVITAS KARKAS SAPI HASIL PENGGEMUKAN
>> RESPONS RUMINAN TERHADAP PEMBERIAN HIJAUAN PAKAN YANG DIPUPUK AIR BELERANG
>> MODEL EKONOMI SUMBERDAYA PERIKANAN TANGKAP YANG BERKELANJUTAN DI PERAIRAN KABUPATEN MOROWALI
>> KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA, POLA PENGASUHAN, KONSUMSI ZAT GIZI & PERTUMBUHAN ANAK BADUTA KELUARGA NELAYAN DI KELURAHAN LABUHAN DELI KECAMATAN MEDAN MARELAN KOTA MEDAN
>> Pengaruh Pendampingan Tutor Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar PKBM Taman Belajar Kecamatan Kenjeran Surabaya.
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online