IMPLEMENTASI MODEL BELAJAR KONSTRUKTIVIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGUBAH MISKONSEPSI DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA
Tanggal: 29 Mar 2005
Laporan: I PUTU EKA WILANTARA
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model belajar konstruktivis terhadap miskonsepsi siswa ditinjau dari penalaran formal siswa.
Penelitian eksperimen ini dilakukan di SLTP Negeri 4 Busungbiu pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2002/2003, dengan rancangan pra-tes post-tes kelompok kontrol tanpa diacak dan faktorial 2x2.

Oleh:
I PUTU EKA WILANTARA
IKIP SINGARAJA PROGRAM PASCASARJANA
AGUSTUS 2003

KATA PENGANTAR
Abstrak
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Identifikasi Masalah
Keterbatasan Masalah
Perumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Hasil Penelitian

BAB II KERANGKA TEORETIS DAN PERUMUSAN HIPOTESIS
2.1. Deskripsi Teori
2.1.1 Pembentukan Pengetahuan Menurut Model Konstruktivis
2.1.2 Model Konstruktivis dalam Pembelajaran Fisika
2.1.3 Implikasi Model Konstruktivis dalam Pembelajaran Fisika
2.1.4 Implikasi Model Konvensional dalam Pembelajaran Fisika
2.1.5 Hakikat Penalaran Formal
2.1.6 Miskonsepsi dalam Pembelajaran Fisika
2.2 Kerangka Berpikir
2.3 Rumusan Hipotesis

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
3.1. Populasi dan Sampling
3.2. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional
3.3. Rancangan Penelitian
3.4. Metode Pengumpulan Data dan Instrumen
3.5. Metode Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1. Deskripsi Data
4.1.1. Profil Pengetahuan Awal dan Miskonsepsi Siswa dengan
Interview Klinis.
4.1.2. Profil Pengetahuan Awal Siswa dengan Tes Diagnostik
4.1.3. Strategi Pengubahan Miskonsepsi
4.1.4. Deskripsi Tingkat Pengasaan Siswa terhadap Konsep
Tekanan
4.2. Uji Asumsi
4.2.1. Uji Normalitas
4.2.2. Uji Homogenitas
4.3. Pengujian Hipotesis
4.3.1 Proporsi Penurunan Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti Pembelajaran
dengan Model Konstruktivis dan Konvensional
4.3.2 Perbedaan Miskonsepsi Siswa Secara Keseluruhan antara Siswa yang
4.3.3 Mengikuti Pembelajaran dengan Model Konvensional dan Model Konstruktivis Perbedaan Miskonsepsi Siswa yang Memiliki Penalaran Tinggi dengan Mengikuti Model Konstruktivis dibandingkan dengan Miskonsepsi Siswa yang Memiliki Penalaran Tinggi dengan Mengikuti Model Konvensional
4.3.4 Perbedaan Miskonsepsi Siswa yang Memiliki Penalaran Rendah dengan
Mengikuti Model Konstruktivis dibandingkan dengan Miskonsepsi Siswa
yang Memiliki Penalaran Rendah dengan Mengikuti Model Konvensional
4.3.5 Interaksi antara Model Pembelajaran dengan Penalaran Formal terhadap
Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran Fisika
4.4. Pembahasan
4.5. Keterbatasan Penelitian

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
5.1. Simpulan
5.2. Implikasi
5.3. Saran

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR TABEL
Rata-Rata Nem IPA dan Matematika Siswa SLTP Negeri 4 Busungbiu
Sintaks Implementasi Pembelajaran Model Konvensional dan
Konstruktivis
3.1 Komposisi Anggota Sampel Rancangan Eksperimen
3.3 Rancangan Analisis Faktorial
3.4 Kisi-kisi Tes Diagnostik
3.5 Kisi-kisi Soal Penalaran Formal
3.6 Ringkasan Uji Bartlett
3.7 Ringkasan Anava Dua Jalur
4.1 Hasil Analisis Konsepsi Siswa tentang Konsep Tekanan pada Zat Padat.
4.2 Hasil Analisis Konsepsi Siswa tentang Konsep Tekanan pada Zat Cair
4.3 Hasil Analisis Konsepsi Siswa tentang Konsep Tekanan pada Zat Padat
4.4 Persentase Siswa yang Miskonsepsi Kelas Kontrol
4.5 Persentase Siswa yang Miskonsepsi Kelas Eksperimen
4.6 Tingkat Penguasaan Siswa Terhadap Konsep Tekanan Pada Zat Padat,
Tekanan Pada Zat Cair dan Tekanan Pada Gas
4.7 Hasil Uji Normalitas Miskonsepsi Siswa Kelas Kontrol
4.8 Hasil Uji Normalitas Miskonsepsi Siswa Kelas Eksperimen
4.9 Hasil Uji Homogenitas Miskonsepsi Siswa
4.10 Ringkasan Hasil Analisis Uji Perbedaan Proporsi
4.11 Anava 2 Jalur Miskonsepsi Siswa
4.12 Perbedaan Miskonsepsi Siswa Ditinjau dari Penalaran Formal Tinggi
4.13 Perbedaan Miskonsepsi Siswa Ditinjau dari Penalaran Formal Rendah

DAFTAR GAMBAR

2.1 Penerapan Model Belajar Konstruktivis
2.2 Penerapan Model Belajar Konvensional
2.3 Proses Keseimbangan Mekanik
2.4 Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Model Pembelajaran dan
Penalaran Formal
4.1 Interaksi Model Pembelajaran dan Penalaran Formal

DAFTAR LAMPIRAN

INSTRUMEN PENELITIAN
Kisi-kisi Soal Penalaran Formal
Tes Penalaran Formal
Pedoman Interview Klinis
Tes Diagnostik
Satuan Pelajaran
Uraian Materi

Miskonsepsi dan Strategi Pengubahan Miskonsepsi

HASIL UJI COBA INSTRUMEN
Data Uji Validitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda dan Reliabilitas Tes Penalaran Formal Siswa
Ringkasan Analisis Instrumen Penalaran Formal Siswa
Data Uji Validitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda dan Reliabilitas Tes Miskonsepsi Siswa
Ringkasan Analisis Instrumen Miskonsepsi Siswa

DATA HASIL PENELITIAN
Data Hasil Miskonsepsi Siswa dengan Model Konvensional
Data Hasil Miskonsepsi Siswa dengan Model Konstruktivis
Data Miskonsepsi Siswa yang Mempunyai Penalaran Formal Tinggi
dan Rendah dengan Model Konvensional dan Model Konstruktivis
Data Penalaran Formal Siswa yang Mengikuti Model Konvensional
dan Model Konstruktivis

UJI BEDA PRA TES MISKONSEPSI SISWA
Uji Normalitas Data Pra Tes Miskonsepsi Kelas Kontrol
Uji Normalitas Data Pra Tes Miskonsepsi Kelas Eksperimen.
Uji Homogenitas Data Pra Tes Miskonsepsi Kelas Kontrol dan Kelas
Eksperimen
Uji Beda Pra Tes Miskonsepsi terhadap Siswa yang Mengikuti Model Konvensional dan Konstruktivis

PENGUJIAN PROPORSI PENURUNAN MISKONSEPSI SISWA
Konsep Tekanan pada Zat Padat
Konsep Tekanan pada Zat Cair
Konsep Tekanan pada Zat Gas
Keseluruhan Konsep Tekanan (Zat Padat, Cair dan Gas)

UJI NORMALITAS

Uji Normalitas Data Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti Model Konvensional
Uji Normalitas Data Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti Model Konvensional Penalaran Tinggi
Uji Normalitas Data Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti ModelKonvensional Penalaran Rendah
Uji Normalitas Data Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti Model Konstruktivis
Uji Normalitas Data Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti Model Konstruktivis Penalaran Formal Tinggi
Uji Normalitas Data Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti Model Konstruktivis Penalaran Formal Rendah

UJI HOMOGENITAS

ANALISIS VARIANS DAN UJI TUKEY

Analisis Varians Dua Jalur dan Besaran-Besaran Statistik yang Diperlukan Rangkuman Data Analisis Varians Dua Jalur
Uji Beda Miskonsepsi Siswa yang Mengikuti Model Konvensional (Kontrol) dan Konstruktivis (Eksperimen)
Uji Lanjut terhadap Miskonsepsi yang Mengikuti Model Konvensional dan Konstruktivis untuk Penalaran Formal Tinggi dengan Uji Tukey
Uji Lanjut terhadap Miskonsepsi yang Mengikuti Model Konvensional dan Konstruktivis untuk Penalaran Formal Rendah dengan Uji Tukey

RIWAYAT HIDUP
 
 
   
 
>> OPTIMASI UPAYA PENANGKAPAN UDANG DI PERAIRAN DELTA MAHAKAM DAN SEKITARNYA
>> "ANALISIS KOMPARASI TEKNOLOGI BUBU DASAR DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN NELAYAN DI KLUNGKUNG BALI"
>> KAJIAN PERTUMBUHAN DAN DISTRIBUSI DAGING SERTA ESTIMASI PRODUKTIVITAS KARKAS SAPI HASIL PENGGEMUKAN
>> RESPONS RUMINAN TERHADAP PEMBERIAN HIJAUAN PAKAN YANG DIPUPUK AIR BELERANG
>> MODEL EKONOMI SUMBERDAYA PERIKANAN TANGKAP YANG BERKELANJUTAN DI PERAIRAN KABUPATEN MOROWALI
>> KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA, POLA PENGASUHAN, KONSUMSI ZAT GIZI & PERTUMBUHAN ANAK BADUTA KELUARGA NELAYAN DI KELURAHAN LABUHAN DELI KECAMATAN MEDAN MARELAN KOTA MEDAN
>> Pengaruh Pendampingan Tutor Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar PKBM Taman Belajar Kecamatan Kenjeran Surabaya.
>> PENGARUH MEDIA CETAK BROSUR DALAM PROSES ADOPSI DAN DIFUSI INOVASI BETERNAK AYAM BROILER DI KOTA KENDARI
>> PENGARUH WIRAUSAHA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR INDIVIDU PADA DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETING " X " DI MALANG
>> PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (JIGSAW)
>> Analisis Pola Konsumsi Keluarga di Kecamatan Tallo Kota Makassar
>> ANALISIS KEBUTUHAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KOMPETENSI PADA SISWA SLTP
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online