Pengaruh Pendampingan Tutor Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar PKBM Taman Belajar Kecamatan Kenjeran Surabaya.
Tanggal: 10 Mar 2005
Laporan: Moh. Muzaqi. S.PD
 
Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai pengaruh pendampingan tutor terhadap motivasi belajar warga belajar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Taman Belajar Kecamatan kenjeran Surabaya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 100 orang warga belajar dengan menggunakan teknik sampling random proporsional. Komposisi sampel tersebut terdiri atas 15 warga belajar Kejar Paket A, 35 warga belajar Kejar Paket B, dan 50 warga belajar Kejar Paket C. Pengukuran data didasarkan pada penilaian yang dilakukan responden melalui kuesioner dengan menggunakan modifikasi Skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan taraf siginifikansi alpha sebesar 0,05.

Oleh:
Moh. Muzaqi. S.PD
N.I.M: 090114484M
Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga Surabaya
2004




DAFTAR ISI
SAMPUL DEPAN
SAMPUL DALAM
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
RINGKASAN
SUMMARY
ABSTRAK
DAFTAR SINGKATAN
DAFTAR TABEL
DARTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………
1.1 Latar belakang …………………………………………………………… 1
1.2 Rumusan Masalah………………………………………………………… 9
1.3 Tujuan Penelitian………………………………………………………….. 9
1.4 Manfaat Penelitian………………………………………………………… 10

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA…………………………………………………………
2.1 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat…………………………………….. 11
2.1.1 Sejarah dan Pengertian PKBM……………………………………. 11
2.1.2 Fungsi dan Azaz PKBM……………………………………………. 13
2.1.3 Proses pembentukan PKBM………………………………………. 14
2.2 Pendampingan……………………………………………………………. 20
2.2.1 Pengertian Pendampingan………………………………………... 20
2.2.2 Peran Pendamping………………………………………………… 21
2.2.3 Pendampingan Tutor di PKBM…………………………………… 23
2.3 Motivasi Belajar…………………………………………………………… 24
2.3.1 Pengertian Motivasi …………………………………………… 24
2.3.2 Sifat-sifat Motivasi …………………………………………… 26
2.3.3 Jenis-jenis Motivasi …………………………………………… 26
2.3.4 Pentingnya Motivasi …………………………………………… 27
2.3.5 Motivasi Belajar Warga Belajar…………………………………. 29
2.4 Pemberdayaan…………………………………………………………… 32
2.4.1 Definisi Pemberdayaan…………………………………………... 32
2.4.2 Pola Pemberdayaan……………………………………………… 34
2.4.3 Pemberdayaan Pendidikan……………………………………… 36
2.5 Pendampingan Tutor Pada Warga Belajar PKBM……………………. 40

BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS………………………….
3.1 Kerangka Konseptual……………………………………………………. 49
3.2 Hipotesis…………………………………………………………………… 51

BAB 4 METODE PENELITIAN……………………………………………………….
4.1 Rancangan Penelitian……………………………………………………. 52
4.2 Populasi dan Sampel…………………………………………………….. 52
4.2.1 Jumlah Populasi…………………………………………………… 52
4.2.2 Teknik dan Jumlah Sampel………………………………………. 53
4.3 Variabel Penelitian………………………………………………………… 53
4.3.1 Variabel Independen……………………………………………….. 54
4.3.2 Variabel Dependen…………………………………………………. 54
4.3.3 Definisi Operasional………………………………………………… 55
4.4 Instrumen Penelitian………………………………………………………. 60
4.5 Uji Validitas dan Relaibilitas………………………………………………. 61
4.5.1 Uji Validitas………………………………………………………….. 61
4.5.2 Uji Reliabilitas……………………………………………………….. 63
4.6 Lokasi dan Waktu Penelitian…………………………………………….. 64
4.7 Teknik Pengumpulan Data……………………………………………….. 64
4.7.1 Jenis dan Sumber Data…………………………………………… 64
4.7.2 Metode Pengambilan Data……………………………………….. 65
4.8 Teknik Analisis Data……………………………………………………… 65
4.8.1 Model Persamaan Regresi……………………………………….. 65
4.8.2 Asumsi Model Persamaan Regresi……………………………… 66

BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN………………………………………………
5.1 Gambaran Umum Responden…………………………………………… 71
5.2 Analisis dan Hasil Penelitian……………………………………………… 73
5.2.1 Gambaran Variabel Independen…………………………………… 73
5.2.2 Gambaran Variabel Dependen…………………………………….. 81
5.3 Penyebaran Skor Variabel Penelitian……………………………………. 82
5.4 Uji Asumsi Klasik…………………………………………………………… 82
5.4.1 Pengujian Gejala Multikolinearitas………………………………… 83
5.4.2 Pengujian Gejala Heterokedastisitas……………………………… 84
5.4.3 Hasil Uji Regresi Linier Berganda………………………………… 85
5.5 Koefisien Determinasi dan Korelasi Berganda………………………… 86
5.5.1 Koefisien Determinasi Berganda………………………………….. 86
5.5.2 Koefisien Korelasi Berganda………………………………………. 86
5.6 Pembuktian Hipotesis…………………………………………………….. 86
5.6.1 Pembuktian Hipotesis Pertama (Uji F)……………………………. 86
5.6.2 Pembuktian Hipotesis Kedua (UJI T)……………………………... 88

BAB 6 PEMBAHASAN……………………………………………………………
6.1 Pengaruh Pendampingan Secara Bersama-sama…………………….. 89
6.2 Pengaruh Peran Fasilitator Terhadap Motivasi Belajar……………….. 92
6.3 Pengaruh Peran Motivator Terhadap Motivasi Belajar………………… 93
6.4 Pengaruh Peran Katalisator Terhadap Motivasi Belajar………………. 95
6.5 Motivasi Belajar Warga Belajar di PKBM………………………………… 96

BAB 7 SIMPULAN DAN SARAN……………………………………………………
7.1 Simpulan…………………………………………………………………….. 103
7.2 Saran………………………………………………………………………… 104

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………….

LAMPIRAN-LAMPIRAN
LAMPIRAN 1
LAMPIRAN 2
LAMPIRAN 3
 
 
   
 
>> PENGARUH MEDIA CETAK BROSUR DALAM PROSES ADOPSI DAN DIFUSI INOVASI BETERNAK AYAM BROILER DI KOTA KENDARI
>> PENGARUH WIRAUSAHA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR INDIVIDU PADA DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETING " X " DI MALANG
>> PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (JIGSAW)
>> Analisis Pola Konsumsi Keluarga di Kecamatan Tallo Kota Makassar
>> ANALISIS KEBUTUHAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KOMPETENSI PADA SISWA SLTP
  
 
 




Home | Profil | Kontak Kami | Buku Tamu
Redaksi Damandiri : redaksi@damandiri.or.id
Copyright © 2003 Damandiri.or.id
designed by Gemari Online
Streaming Radio DFM Jakarta

Gemari Online